5 Penyebab ngeLag pada Android (cara mengatasinya)

Lag pada Perangkat Android, kita semua pasti tidak akan suka jika Android kita mengalaminya. Apalagi jika Anda adalah seorang Gamer pasti akan menghambat dalam pertarungan atau penyerangan. Pengembang juga tidak suka itu karena biasanya user diarahkan untuk merestart devicenya untuk mendapatkan performa yang lebih baik.

 Device Android umumnya menjadi korban masalah LAG meskipun beberapa orang berargumen bahwa ini disebabkan karena user berlebihan dalam penggunaan atau instal aplikasi sehingga terjadi masalah ini. Argumen yang lain, mengapa Perangkat Android berhenti bekerja pada kondisi di atas setelah periode penggunaan ?

Disini saya membuat daftar penyebab Lag pada device Android dan cara mengatasinya :

Penting : Pastikan anda backup full sebelum melakukan step-step dibawah ini untuk mencegah hal yang buruk.

Identify Resource-Hungry Apps

Penyebab Masalah:
Aplikasi yang berjalan di belakang layar akan menghabiskan sumber device dan sangat menguras kelangsungngan hidup baterai. Widget yang berjalan, sinkronisasi backgroun dan notifikasi dapat juga menjadi penyebab perangkat Anda  hidup tiba-tiba atau saat ada notifikasi akan menghambat berjalannya Aplikasi.

Solusi :
Cari aplikasi yang menyebabkan masalah ini mengunakan Wakelock Detector.
Setelah mendapatkan apliasinya, charge device Anda sampai 90 %, kemudian cabut charge dan tinggalkan device anda sekitas 1-2 Jam untuk memulai akumulasi wake usage statistic.

Wakelock Detector.


Ketika Anda membuka Wake Detector, Anda dapat melihat statistic dari semua palikasi yang berjalan. Aplikasi yang paling atas adalah aplikasi yang menghabiskan banyak sumber baterai.
Untuk itu, pilih More > Setting > Advance Mode untuk menampilkan proses sistem. Ketika anda menemukan masalah, memutuskan bagaimana jika Anda sangat membutuhkan aplikasi itu, jika begitu lanjutkan membaca artikel ini.

Put apps to sleep

Penyebab Masalah:

Jika Anda mempunyai banyak aplikasi yang menggangu performance android Anda, sebenarnya Anda mempunyai pilihan untuk disable atau freeze aplikasi tersebut.
Di beberapa kasus, beberapa aplikasi setelah di disable untuk featurnya akan menonaktifkan dan membuat aplikasi tidak berfungsi secara biasanya. Ketika Anda memilih freezing aplikasi, ini berarti menutup seperti menghapus aplikasi.

Solusi:
Anda dapat meletakan aplikasi dalam kondisi hibernation. Hibernasi aplikasi akan berjalan seperti normal jika anda membukanya kembali.

Greenify


Setelah Anda memilih aplikasi, tekan tombol '+' dan Anda akan dituntun ke halaman App Analyzer. Aplikasi yang terdaftar di 'Running di Background'  adalah aplikasi yang memakan baterai Anda dan menyebabkan perangkat Anda Lag. Sentuh aplikasi untuk memilih aplikasi-aplikasi yang Anda ingin hibernasikan dan pilih Accep di bagian kanan atas untuk menempatkan mereka dalam kondisi hibernasi.


Keep Your Memory Storage Clean

Penyebab Masalahnya :

Beberapa Perangkat yang menggunakan low-memory dan menghasilkan kinerja yang buruk, setelah mereka menghabiskan 80% kapasitas mereka. Jika perangkat Anda mengalami tanda-tandange-Lag, itu mungkin sewaktu-waktu Anda harus menghapus beberapa files.

Solusi :
Selamanya Gone adalah sebuah aplikasi yang akan membantu membersihkan penyimpanan Anda dan memungkinkan Anda mengisi storage yang tersisa dengan file .blank, menghapus mereka selama sesi pembersihan.
 
Gone
 
 
Sebelum Anda mulai, pastikan kotak centang dicentang untuk 'ruang Rilis diisi setelah proses pengisian selesai' dan 'Pause proses pengisian ketika ponsel terkunci'. Dengan menekan 'Isi Free Space' Anda akan memulai proses.

Peringatan: aplikasi ini mungkin tidak bekerja dengan baik pada beberapa perangkat karena ada beberapa perangkat yang tidak bisa menangani tugas-tugas yang diperlukan.

Maintain Constant system Feedback 

Penyebab Masalah:

Memory Controller merupakan bagian dari sistem perangkat keras yang menerima umpan balik tentang ketersediaan ruang penyimpanan. Info ini kemudian diteruskan ke sistem Android. Hal ini biasanya terjadi dengan segera, tapi kadang-kadang Anda mungkin mengalami 'lag' ketika memory controller tidak menerima umpan balik. Hal ini menyebabkan sistem menjadi lambat.
 
Solusi 1:

Untuk menghapus lag ini, periksa dulu perangkat I / O dengan
Cool Tool – System Stats untuk melihat apakah itu berjalan rendah atau tinggi.
 
 
Solusi  2:

Jika sedang berjalan tinggi, menjalankan LagFix [Root diperlukan], sebuah aplikasi yang memindai perangkat penyimpanan Anda, meraih info dan mengirimkannya sistem Android, pada dasarnya melewatkan proses menunggu.
 
LagFixFree
 
 
Peringatan: Jika Anda tidak dapat menginstal LagFix dari Play Store yang berarti perangkat Anda tidak kompatibel karena tidak mendukung perintah TRIM. Melanjutkan untuk menginstalnya dapat menyebabkan bricked-device.
 

Optimize for Gaming   

Penyebab Masalah:

Jika permainan Anda banyak pada perangkat Android Anda dan mengalami lag selama bermain game, ini adalah karena layanan dan aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memakan memori perangkat Anda. Ada dua cara Anda dapat mengoptimalkan perangkat memori untuk sesi gaming yang lebih baik.

Anda dapat menggunakan aplikasi fitur-packed lebih untuk mengoptimalkan RAM Anda? Coba AutoKiller Memory Optimizer.
 
Solusi 1:

Game Booster membantu untuk menghentikan layanan background yang tidak perlu dan aplikasi untuk melepaskan beberapa RAM untuk kinerja yang baik pada permainan Anda sebagai gantinya. Setelah Game Booster diinstal, tekan tombol '+', pilih game yang ingin tingkatkan dan kemudian tekan di atasnya.
 
Booster Game
 
 
Anda akan kembali ke halaman utama dan melihat permainan Anda pada daftar. Tekan di atasnya lagi dan itu akan secara otomatis membebaskan memori perangkat Anda dan meluncurkan permainan untuk Anda.
 
Solusi  2:

AutoKiller Memory Optimizer (root diperlukan) dilengkapi dengan 7 preset yang mengandung nilai-nilai yang berbeda aplikasi tersembunyi, penyedia konten dan aplikasi kosong. Semakin besar nilai, semakin aplikasi secara otomatis akan dibunuh oleh AutoKiller.

AutoKiller Memory Optimizer

0 Response to "5 Penyebab ngeLag pada Android (cara mengatasinya)"

Post a Comment