Memperbaiki File MS Word belum di SAVE di Office 2010

Cara Memperbaiki File MS Word 2010 Belum Tersimpan 

Ketika kita dengan susah payah membuat atau mengetik pada MS Word beberapa halaman dan anda lupa menyimpannya atau listrik padam atau tidak sengaja anda menutup dan tidak menyimpanya. 

Apalagi jika file itu adalah file penting yang menyangkut hidup dan mati anda. Maka apapun akan dilakukan untuk mengembalikan file tersebut. Hal tersebut sebenarnya dapat anda hindari dengan menggunakan fasilitas Auto Recover pada MS Word 2010, Tutorial pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengatus setingan Auto Recover pada MS WORD 2010.

Sebenarnya kita tidak menyadari bahwa ketika kita sedang mengetik, setiap beberapa menit sekali MS Word scara otomatis telah menyimpan hasil ketikan kita meskipun kita belum menyimpannya. Dibawah ini adalah tutorial mengatur setingan auto recovery:
  1. Buka MS Word 2010
  2. Klik File
  3. Pilih "Options" pada panel di sebelah kiri
  4. Pilih menu "Save" pada jendela Word Options
Setelah kita melakukan langkah di atas, maka akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini :



Melalui tampilan seperti pada gambar di atas, kita dapat mengatur sendiri waktu simpan otomatis yang akan dilakukan oleh MS Word 2012. Pada contoh, SaveAutorecover Information diisi dengan angka 5 yang artinya setiap 5 menit MS Word akan menyimpan file Anda.
Lalu bagaimana cara mengembalikan file yang kita anggap hilang tadi? sangat mudah...
  • Buka MS Word 2010
  • Klik File
  • Pilih "Recover Unsaved Documents" seperti pada gambar berikut ini

  • Kemudian anda dihadapkan dengan memilh salah satu file MS Word, kita pilih salah satunya, lalu klik "Open"

  • File yang kita harapkan akhirnya muncul. Selanjutnya adalah kesempatan Anda untuk menyimpan file tersebut sebelum listrik kembali padam...hehe...cukup kita klik tombol Save As seperti pada gambar berikut ini.

  • Ingat, jika waktu Auto Recover yang kita setting adalah 5 menit, maka jika kita baru saja membuat file, lalu belum ada 5 menit sudah terjadi pemadaman listrik, maka bisa jadi file yang kita buat tidak akan dapat kita kembalikan.

1 Response to "Memperbaiki File MS Word belum di SAVE di Office 2010"