Cara Aman Install Ulang atau Flashing Android

Cara Aman Install Ulang atau Flashing Android. Device Android merupakan bagian penting dari kehidupan sehar-hari untuk menunjang pekerjaan atau hiburan, Kadang kala Smartphone Android kita itu mengalami masalah Error atau sengaja ingin Upgrade versi dari Sistem Operasinya. Nah akan dijelaskan tutorial atau cara untuk memperbaiki atau Flashing dengan sebaik-baiknya sesuai dengan pengalaman saya yang dikumpulkan dari referensi terpercaya.

Cara Aman Install Ulang atau Flashing Android

Sedikit mengenai Android, yang dibuat oleh perusahaan besar yaitu Google dengan memasukan fitur-fitur dan teknoogi yang terbaik dan tercanggih. Oleh karena itu OS Android menjadi sistem operasi yang populer dan banyak digunakan.

Cara Flash atau Install Ulang OSAndroid pada HP Android akan dibahas dalam kesempatan kali ini,  Saya saran kan simak dengan baik dan tuntaskan membaca artikel ini.

Install Ulang Android sebenarnya susah-susah gampang karena tidak perlu waktu lama tapi jika salah langkah caranya akan mengakibatkan isntallasi gagal, Ok kita langsung saja lebih detailnya step by step Cara Flash atau Install Ulang Android Device.

Step Pertama 
Di sarankan untuk backup dulu yang bertujuan untuk menyimpan semua data, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti adanya kesalahan dalam melakukan install. Dalam hal untuk melakukan backup data ada beberapa aplikasi yagn dapat anda gunakan seperti ClockwordMod, Potatoshare dan MIUI Recovery atau lainnya kemudian anda install aplikasi tersebut dan backup.

Step Kedua
Jika HP anda belum di root, silahkan anda root terlebih dahulu supaya proses install berjalan dengan baik.
Cara Root Android :
  1. Pertama-tama unduh Kingo Android Root di PC (download disini) lalu install dan buka aplikasi root ini
  2. Setelah itu, silahkan anda aktifkan USB debugging lalu cari serta klik menu Setting >>> About Phone >>> Developer Options. Kemudan pilih ”USB debugging” silahkan anda ceklis
  3. Kemudian hubungkan smartphone android anda ke perangkat komputer atau PC dengan memakai USB, lalu gunakan Kingo Android Root
  4. Selanjutnya klik Root yang terdapat pada Kingo Android Root, silahkan anda tunggu hingga proses root selesai
Step Ketiga
Flash atau Install Ulang OS Android :
  1. Siapkan kostum ROM, perlu diperhatikan kostum ROM tidak semua sama silahkan cari di google ROM yang cocok untuk tipe HP Anda dan mempunyai sedikit BUG.
  2. Jika Telah mengdownload kostum ROM harus dalam bentuk ZIP
  3. Hubungkan HP Anda dengan perangkat PC atau Laptop menggunakan kabel data.
  4. Setelah itu, silahkan pindahkan ROM yang lama pada perangkat komputer atau PC kalian (silahkan anda pastikan terlebih dahulu, bahwa semua data telah bener-bener di bakcup), lalu trasfer ROM yang baru pada smartphone Android kalian
  5. Selanjutnya, silahkan anda unduh aplikasi Quick Boot (disini) lalu install
  6. Jika telah di install, silahkan aktifkan aplikasi Quick Boot tersebut. Jika sudah, maka kalian bakal melihat Tampilan Opsi kemudian tekan tombol ”Recovery”. Nah dengan melakukan cara ini, maka smartphone android anda bakal masuk pada Mode Recovery, dengan begitu proses flash atau install android sudah dapat di mulai
  7. Kemudian akan muncul tampilan Recovery, lalu pilih menu ”Choose Zip from sdcard”
  8. Setelah itu, anda bakal diminta untuk memiliki data atau file yang bakal dimasukan pada perangkat android kalian. Jika sudah, maka kalian bakal diminta untuk melanjutkan program atau tidak. Apabila lanjut, silahkan anda klik ”Yes”
  9. Maka sistem bakal memindahkan file atau data kedalam format ZIP pada ROM, kemudian anda klik ”Reboot Ststem Now” maka sistem bakal kembali seperti awal atau semula
 Nah itu sudah selesai Install Ulang OS Android di HP Anda, jika anda mempunya pertanyaan atau mengalami kesulitan silakan tanyakan pada kami di kolom komentar. Atau jika anda mempunya cara yang lebih baik ceritakan pada kami juga.

6 Responses to "Cara Aman Install Ulang atau Flashing Android"

  1. terimakasih gan telah menulis ini, dan bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  2. KLO di HP ada tulisan ufortunately, laucher hasil stopped itu gmn solusinya, mohon bantuannya..

    ReplyDelete
  3. Kalau google play nya error "tak ada sambungan" atau "sayang nya layanan google play telah berhenti", bisa diatasi dengan instal ulang gak?

    ReplyDelete