Apache Not Running di Control Pannel XAMPP [SOLVED]

Selamat datang kawan, Ketika anda sudah install aplikasi XAMPP di komputer yang flatform Windows 7 dengan sukses. Oke anda sedang membaca artikel ini berarti anda sedang mengalami sebuah masalah pada XAMPP anda, Apache Not Running di Control Pannel XAMPP.
ya error itu yang anda dapatkan ketika anda akan menjalankan aplikasi XAMPP anda.


Oke, langsung aja cara menyelesaikannya:
Ada banyak kemungkinan jawaban untuk masalah ini.Yang paling umum dan paling mungkin adalah bahwa Anda menjalankan program lain yang memblokir port 80 atau 443. Jika anda telang menginstall Skype,kemudian anda mendapatkan error seperti ini. Ubahlah port Apache dari port 80 menjadi port 81 dan Apache akan berkerja dengan baik. Caranya anda dapat membuka CMD, dan masukan perintah
netstat -nab
ini akan melihat daftar aplikasi, cari aplikasi yang memakai port 80
[someprogram.exe]
    UDP     [fe80::numbers:numbers:numbers:numbers%numbers]:portnumber 
 Anda perlu menemukan garis  yang berakhir di: 80 dan menghentikan aplikasi itu untuk memulai apache. Jika tidak ada garis akhir di: 80, ada cara lainl yang dapat Anda lakukan.
Pertama,  silahkan anda masuk ke direktori (C:\\xampp) dan double klik apache_start.bat. Ini akan membukan command line dan menampilkan detail error tentang kenapa apace tidak running.  Kebanyakan, mencari sintak yang salah bisa anda lakukan dengan mengedit http.conf atau httpd-ssl.conf.
Jika masih gagal, harapan terakhhir anda untuk memeriksa log kesalahan apache dengan mengklik tab log apache berturut-turut di kontrol panel xampp dan mengklik error log tersebut.
Jika semua gagal, jangan menyerah anda msih mempunyai ini.
EDIT: jika anda merubah port apache, anda harus buka httpd.conf (lokasi di xampp/apache/conf) dan dekat garis 184, replace "ServerName localhost:80" dengan "ServerName localhost:81" 
Hal ini juga memungkinkan anda untuk menetukan port 81 di url localhost anda contoh:
localhost:81/my_project.php

Oke, kawan kalo masih error atau ada masukan bagi saya untuk membahas error-error yang lain, silahkan di ajukan di komentar.

0 Response to "Apache Not Running di Control Pannel XAMPP [SOLVED]"

Post a Comment