Cara Mencegah serangan Virus di Komputer Kesayangan Anda

Sejaran Virus : Virus Komputer Muncul pertama kali bersamaan dengan lahirnya komputer. Salah satu pembuat komputer dan menciptakan EDVAC ( Electronic Discrete Variable Automatic Computer) yang bernama John von Newman sekitar tahun 1949, mengemukakan dalam makalahnya yang membahas kemungkinan suatu program yang dapat menyebar secara otomatis.

Virus Komputer

Akibat Virus: Banyak sekali dampak yang di akibatkan dengan virus. Tergantung dari si Pembuat virus itu sendiri yang mempunyai tujuan penyerangan dengan virusnya, contohnya Virus Shortcut yang diciptakan untuk mengubah file-file atau menggandakan diri menjadi shotcut dan banyak lagi virus-virus yang lain.

Cara Mencegah Virus di Komputer: Tidak perlu khawatir terhadap komputer kesangan anda dan file-file penting anda. Cara Mencegah Virus di Komputer akan dibahas di artikel ini :

Install Antivirus

Semua antivirus itu pada dasarnya bagus jika berbayar dan selalu diupdate library virusnya. Tapi jangan khawatir jika anda tidak mau membeli antivirus anda bisa memakai antivirus free alias gratis, yang free/gratis cukup bagus jika selalu diupdate seperti avast.

Scan Komputer

Scanlah komputer anda secara berkala dan menyeluruh minimal seminggu sekali.

Gunakan Explorer

Jika anda akan membuka file anda, saya sarankan untuk membukanya lewat Explorer, karena apa ? Jika anda memasukan Flasdisk pada komputer biasanya muncul popup dari flashdisk, dan jika anda langsung dibuka ada kemungkinan virus yang diprogram untuk autorunning bisa running di dalamnya.

Internet yang Aman

Apabila komputer anda terhubung ke internet akan lebih besar kemungkinan terserang virus, untuk itu jika anda mendownload aplikasi di sarankan untuk dari situs resminya, jangan sembarangan mendownload dari link yang kurang terpercaya.

Nonaktifkan AutoRun

Salah satu cara melindungi komputer adalah dengan mematikan AutoRun pada komputer anda. Cara mematikannya :
    • Klik Start > Run, ketik “gpedit.msc” dan tekan Enter.
    • Masuk ke Computer Configuration\ Administrative Templates\ Windows Components\ Autoplay Policies\ kemudian pilih “Turn off Autoplay”
    • Non aktifkan Autoplay dengan  pilih Enabled, lalu pilih All Drives bila ingin mematikan semua fungsi autorun di semua media termasuk hard disk, atau pilih CD-ROM and removable media drives untuk mematikan autorun hanya di CD ROM dan Flashdisk. Lalu klik OK.

1 Response to "Cara Mencegah serangan Virus di Komputer Kesayangan Anda"